Koranriau.co.id-
Jakarta –
Kejadian mengerikan dialami seorang pelanggan di restoran. Pelanggan itu menemukan kadal di pesanan supnya, tetapi pihak restoran malah sebut hanya ikan bilis.
Selain soal rasa dan pelayanan, pelanggan kerap menemukan pengalaman kurang menyenangkan terkait kebersihan dan keamanan makanan saat santap di restoran.
Beberapa mungkin pernah menemukan benda atau makhluk tidak terduga di makanan mereka. Hal mengecewakannya lagi, tidak semua restoran mau mengakui kesalahan mereka dan justru menganggapnya sepele.
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Kejadian ini dialami oleh Mr Zheng. Putri Zheng sempat membawa sup yang dibeli di Food Court gedung The Lazada, Bras Basah Road, Singapura, lapor stomp.sg, pada Minggu, (20/7/2025).
![]() |
Di sela-sela menikmati hidangan sup yang dibawa putrinya, Zheng menyadari ada benda aneh. Ia menemukan hewan tergeletak di sup yang ia lihat sebagai seekor kadal dengan tubuh masih utuh.
“Kadal itu ada di dalam sup. Tubuhnya masih utuh. Itu kotor dan menjijikkan,” jelasnya.
Zheng mengungkap kepada Shin Min Daily News bahwa putrinya bekerja di dekat food court tersebut. Putrinya membelinya sekitar pukul 1 siang pada 18 Juli.
Ketika protes dengan membawa kembali sup ke food court, salah satu karyawan mengungkap kalau hewan itu hanya ikan bilis, bukan kadal.
Putri Zheng bersikeras agar karyawan melihatnya dengan cermat, tetapi karyawan tetap menganggap kalau itu hanya seekor ikan bilis. Karyawan food court lalu mengembalikan uangnya sebesar $ 6,90 atau sekitar Rp 87.647.
![]() |
Di momen lain, karyawan gerai bernama Nguyen Thi Luan akhirnya mengkonfirmasi insiden ini memang terjadi. Mengungkap kepada Shin Min Daily News kalau kadal tersebut pasti jatuh dari langit-langit, tetapi staf tidak menyadarinya saat itu.
“Kami tidak tahu dari mana kadal itu berasal, tetapi kadar biasanya tidak muncul di kios. Ini pertama kalinya saya melihatnya.”
Pihak gerai lalu mengungkap permohonan maaf mendalam dan mengatakan akan segera mengembalikan dana pelanggan. Selain itu, mereka juga akan membelikan secangkir teh lemon sebagai bentuk permintaan maaf lainnya.
Nguyen mengaku awalnya ia bermaksud memberikan informasi kontak sehingga pelanggan bisa menghubunginya lagi jika merasa kurang puas. Sayangnya Nguyen sangat sibuk dan lupa mengabari pelanggan itu lagi.
![]() |
Kejadian serupa sempat dialami pelanggan di Malaysia. Ia memesan seporsi mie dari restoran langganannya melalui jasa pesan antar.
Setelah 3 sampai 4 kali suap, ia menemukan kejutan berupa reptil yang diduga salah satu jenis kadal. Pelanggan ini lalu melaporkannya ke pihak kedai, tetapi pemiliknya bersikap defensif dan seolah menyanggah apa yang ditemukan pelanggan tersebut.
(aqr/adr)
Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://food.detik.com/info-kuliner/d-8022069/pelanggan-protes-ada-kadal-di-sup-pihak-resto-bilang-itu-ikan-bilis