Koranriau.co.id-
Makan di restoran di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali, wanita ini menangis karena dituduh menipu tak bayar oleh kasir. Begini kronologinya!
Melalui TikTok, wanita pemilik akun @mamaghan menceritakan pengalaman buruk saat bersantap di restoran bernama Jendela Bali Panoramic di GWK, Bali.
Pada Sabtu 5 Juli 2025, ia memesan beberapa menu, termasuk Balinese Pizza, Nasi Bukti Jendela Bali, Mie Goreng, dan Kelapa Muda dengan total pembayaran sekitar Rp 400.000-an. Ia mengungkap pembayarannya sudah berhasil, tapi pihak restoran merasa belum.
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Berikut ini fakta dan kronologinya:
1. Kasir menuduh pelanggan wanita menipu
![]() |
Dalam videonya, wanita itu menangis usai tak terima dituduh menipu oleh kasir restoran. Padahal ia sudah membayar tagihan melalui QRis, tetapi resi di kasir tidak keluar.
“Saya sudah membayar melalui QRis, tapi kasir mengatakan tidak ada uang masuk. Saya tunjukkan bukti bayar melalui aplikasi mobile banking dan email, tetapi kasir tidak mau melihat dan tidak mau mendengar sama sekali,” tuturnya.
Wanita itu menceritakan kasir hanya memaksa ia untuk mengulang transaksi (membayar 2 kali). Kasir menjanjikan uang yang sebelumnya dibayar akan kembali dalam 2 jam.
“Kasir tidak percaya saya, bahkan menuduh saya belum bayar,” ujarnya.
2. Kasir membentak dan menolak panggil manajer restoran
![]() |
Pelanggan wanita itu merasa sakit hati karena kasir berbicara dengan intonasi tinggi dan kasar. Kasir meneriakinya, “Nggak ada pembayaran masuk.”
Insiden tersebut membuatnya lama tertahan di kasir. Hingga si suami datang dan menengahi masalah. Si suami minta bertemu dengan manajer restoran karena merasa tidak ada titik temu.
“Kasir menolak, dia hanya memanggil beberapa staf mengadu bahwa saya menekan tombol kembali dan tidak melakukan pembayaran QRis. Suami saya minta telepon CS bank, tapi kasir tidak bersedia. Dia hanya fokus pada mesin yang tidak mengeluarkan resi,” lanjutnya.
Wanita itu tertahan dari yang sudah melakukan pembayaran pada pukul 13.40 siang, tapi ia dan suaminya baru bisa keluar restoran pukul 15.20.
Klarifikasi pihak restoran ada di halaman berikutnya.
3. Klarifikasi pihak restoran
![]() |
Melalui kolom komentar, si suami yang bernama Muhammad Habibi mengungkap bahwa pihak restoran menghubunginya dan memberikan klarifikasi di hari kejadian setelah magrib.
GM Marketing Communications & Partnership GWK menjelaskan insiden tersebut diperkarai oleh sistem pembayaran yang error, sehingga pembayaran tertunda.
“Terjadi sistem error pembayaran dari EDC sehingga terdapat delay yang katanya ‘anomali’ atau kejadian yang jarang terjadi sehingga uang pembayaran kami baru masuk di pagi harinya (6/7),” ujar GM Marketing Communications & Partnership GWK.
4. Pihak restoran melakukan investigasi
![]() |
Lebih lanjut, GM Marketing Communications & Partnership GWK juga menuturkan pihaknya telah melakukan investigasi internal terkait permasalahan ini.
“Sudah menyampaikan permohonan maaf langsung karena sikap dari salah satu staf mereka,” tutur Muhammad Habibi.
Pihak restoran juga bersedia untuk meminta maaf secara terbuka melalui unggahan di media sosialnya. Muhammad Habibi berharap agar kejadian ini dapat jadi pembelajaran.
“Semoga kita belajar dari permasalahan ini agar tetap dapat menghargai pendapat orang lain tanpa judgment terhadap siapapun,” tutupnya.
5. Komentar netizen
Kejadian ini viral di media sosial, apalagi setelah dibagikan ulang oleh akun TikTok @officiallambeturah (7/7). Berbagai reaksi netizen memenuhi kolom komentar.
Meskipun pihak restoran telah menyatakan klarifikasi dan permohonan maaf, tetapi banyak netizen yang masih kesal dengan sikap kasir yang dinilai tak tahu etika.
“Sebenarnya kalau komunikasi enak mah, gak bakal sampai kayak gini. Ini kan yang dipermasalahkan sikap kasir yang gak sopan, bentak, dan kasih pernyataan yang menuduh,” tulis netizen.
“Dimana-mana orang gak punya etika tuh bakal kena batunya sendiri. Semoga bisa bebenah deh buat tim restoran biar bisa menghargai sesama,” tulis netizen lainnya.
Halaman 2 dari 2
Simak Video “Video Siswa soal MBG Beras Dibagikan Seminggu Sekali: Cuma Cukup 2 Hari“
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)
Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://food.detik.com/info-kuliner/d-8001056/5-fakta-kasus-viral-wanita-dituduh-menipu-di-restoran-gwk-bali