Koranriau.co.id –
Jakarta, CNN Indonesia —
InJourney lewat Bandara I Gusti Ngurah Rai turut ambil peran mendukung Pulau Bali yang dinobatkan sebagai pulau terindah di Asia untuk tahun 2025 oleh Conde Nast Traveller baru-baru ini, melalui peningkatan standar pelayanan dan penguatan konektivitas penerbangan yang dilakukan secara berkelanjutan.
Pada Januari-September 2025, Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani sekitar 18,23 juta penumpang pesawat atau meningkat 1 persen dibandingkan dengan periode yang sama di 2024. Khusus rute internasional, jumlah penumpang pesawat sepanjang 9 bulan pertama 2025 mencapai 11,53 juta atau naik 9 persen.
General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Ahmad Syaugi Shahab menyampaikan bahwa pertumbuhan penumpang di rute internasional ini sejalan dengan rute-rute baru yang dibuka pada 2025.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
“PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) dan maskapai terus memperkuat konektivitas penerbangan di Bali, sebagai upaya bersama untuk terus mendukung pariwisata Bali. Sejumlah rute baru internasional di buka di Bali pada tahun ini, yang terbaru diantaranya adalah pada September 2025 yakni dari dan ke Chengdu (China) serta Cheongju (Korea Selatan),” ujar Ahmad Syaugi Shahab.
Sebelumnya, pada 7 Oktober lalu, Conde Nast Traveller mengumumkan bahwa Bali meraih skor tertinggi 96.86, dan berhak menyandang predikat nomor 1 pada kategori The Best Island in Asia dalam The Best Island in The World 2025: Readers’ Choice Awards.
“Bandara I Gusti Ngurah Rai bersama stakeholder lainnya mendorong konektivitas penerbangan untuk dapat terus menunjukkan keindahan Bali kepada dunia. Kami berkomitmen untuk mendukung penuh Bali sebagai destinasi pariwisata dunia melalui pelayanan terbaik kepada para wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara sejak mereka tiba di bandara,” tutur Ahmad Syaugi.
Komitmen tersebut diwujudkan dengan transformasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, berupa bangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) sebagai penghubung gedung terminal dengan gedung parkir kendaraan bermotor di pilar Premises (infrastruktur kelas dunia).
Di area bangunan JPO itu, terdapat titik penjemputan yang memprioritaskan kenyamanan. Terminal penumpang juga ditata ulang dan dipercantik dengan menambahkan nuansa hijau dan corak arsitek khas Bali.
Pada area terminal, dilakukan penataan ulang guna mengoptimalkan kapasitas bandara menjadi 32 juta penumpang/tahun dari sebelumnya 24 juta penumpang/tahun. Sementara di area luar terminal sisi darat dilakukan perluasan akses jalan dan penataan alur kendaraan.
“Transformasi ini memperkuat Bandara I Gusti Ngurah Rai sebagai Tourism Gateway di Indonesia,” pungkas Ahmad Syaugi.
(rea/rir)
Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20251012130622-625-1283670/injourney-lewat-ngurah-rai-dukung-bali-jadi-pulau-terbaik-asia-2025