Koranriau.co.id –
Jakarta, CNN Indonesia —
Dalam upaya mencetak generasi Indonesia yang unggul bank bjb bersama Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) dalam mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan sejak usia dini. Kolaborasi ini diwujudkan melalui penyelenggaraan Kampanye Anak Indonesia Hebat yang digelar di Gedung Negara Provinsi Banten, Kota Serang.
Kegiatan tersebut menjadi bagian dari strategi nasional dalam penguatan karakter dan wajib belajar 13 tahun pra sekolah. Melalui kampanye ini, anak-anak diperkenalkan pada program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat yang menanamkan nilai-nilai positif sekaligus memberikan pemahaman tentang pentingnya perencanaan keuangan sejak dini.
Kehadiran bank bjb dalam kegiatan ini menjadi bukti sebagai mitra strategis Kemendikdasmen dalam mengintegrasikan edukasi keuangan di dunia pendidikan.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Sejak 2012, bank bjb telah berperan aktif dalam memperluas akses literasi finansial melalui Program Satu Rekening Satu Pelajar, yang kini menjadi bagian penting dalam agenda nasional inklusi keuangan.
Kampanye Anak Indonesia ini dihadiri Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen) Atip Latipulhayat, Gubernur Provinsi Banten Andra Sonny, Bunda PAUD Provinsi Banten Tinawati Andra Soni, Bunda PAUD Kota Serang Arfina Rustandi, sertaDirektur Operasional dan Teknologi Informasi bank bjb Ayi Subarna.
Diikuti 495 peserta dari 15 satuan PAUD, meliputi anak-anak, guru, dan orang tua murid, kegiatan ini menjadi momentum kolaborasi lintas sektor untuk memperkuat sinergi antara dunia pendidikan dan literasi finansial bagi anak-anak Indonesia.
Dalam kesempatan ini, bank bjb melalui Pemimpin Divisi Dana & Jasa Konsumer bank bjb, Maman Rukmana memberikan sesi edukasi keuangan bagi guru dan orang tua. Maman menyoroti pentingnya pengelolaan keuangan keluarga serta pembentukan kebiasaan menabung sejak usia dini.
Melalui sesi edukatif dan workshop, bank bjb memperkenalkan konsep perencanaan finansial sederhana yang relevan bagi keluarga, termasuk pengenalan produk tabungan pelajar yang mudah diakses.
Kegiatan ini juga dikaitkan dengan penguatan peran keluarga dalam pendidikan anak usia dini. Dengan langkah ini, bank bjb menegaskan komitmennya dalam meningkatkan literasi finansial dan menumbuhkan budaya menabung di kalangan masyarakat.
Anak-anak peserta kampanye pun terlibat dalam berbagai permainan edukatif seperti Ular Tangga 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dan permainan tradisional yang dikembangkan untuk menanamkan nilai-nilai positif dengan cara menyenangkan. Pendekatan ini diharapkan dapat memperkuat karakter, kemandirian, dan semangat belajar anak-anak.
Selain itu, bank bjb juga memiliki beragam produk keuangan yang dirancang untuk mendukung kebutuhan keluarga dan pendidikan. Mulai dari tabungan pelajar, tabungan pendidikan, hingga layanan digital yang memudahkan akses transaksi bagi para orang tua, semuanya disiapkan untuk mendukung masa depan anak-anak Indonesia.
Dukungan bank bjb terhadap dunia pendidikan ini sejalan dengan misi perusahaan dalam mendorong pembangunan daerah dan nasional melalui penguatan kapasitas sumber daya manusia. Dengan literasi keuangan yang kuat, generasi muda diharapkan lebih siap menghadapi tantangan ekonomi di masa depan.
Melalui Kampanye Anak Indonesia Hebat, bank bjb membuktikan peran aktifnya dalam menguatkan generasi penerus bangsa agar tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas, berkarakter, dan memiliki kesadaran finansial yang baik.
(ory/ory)
Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20251017190632-625-1285809/sinergi-bank-bjb-dan-kemendikdasmen-dorong-literasi-keuangan-anak