Nikmati Jajanan di Jakarta Lewat 'Kuliner Pilihan Lokal' ShopeeFood
Ekonomi

Nikmati Jajanan di Jakarta Lewat ‘Kuliner Pilihan Lokal’ ShopeeFood

Koranriau.co.id –


Jakarta, CNN Indonesia

Jakarta tak pernah kehabisan cerita soal kuliner. Mulai dari warung makan legendaris yang telah bertahan lintas generasi hingga jajanan pinggir jalan yang menjelma jadi primadona baru, semuanya menyimpan kekayaan rasa dan sejarah.

Guna mempermudah pencinta kuliner menemukan rekomendasi terbaik, ShopeeFood bersama konten kreator kuliner Gina Angelia menghadirkan program “Kuliner Pilihan Lokal”.

Program ini tidak hanya mengulas deretan kuliner khas yang menggugah selera, tetapi juga membagikan kisah inspiratif para pelaku UMKM yang sukses berkembang melalui pemanfaatan teknologi dan promosi digital dari ShopeeFood.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari dapur sederhana ke jangkauan digital yang luas, berikut tiga kisah pelaku usaha yang berhasil menjadi ikon kuliner Jakarta.

ShopeeFoodFoto: ShopeeFood

Ayam Goreng Buni: Cita Rasa Renyah yang Terjaga Lewat Warisan Keluarga

Ayam Goreng Buni merupakan salah satu bisnis kuliner lintas generasi yang telah hadir sejak tahun 1958.

Didirikan oleh sepasang suami istri, Suheli dan Iing, usaha yang berada di Jalan Buni, Mangga Besar, ini telah bertahan lebih dari enam dekade. Kini, usaha tersebut dikelola oleh anak mereka yaitu Andre dan Endri Suheli.

Meski menghadapi tantangan zaman serta persaingan yang ketat, Ayam Goreng Buni tetap konsisten menjaga keaslian rasa dan resep. Salah satu keunikan utamanya terletak pada kremes khas yang dibuat dari campuran rempah-rempah pilihan.

Awalnya mereka hanya menyajikan ayam goreng dan nasi uduk, kini menunya berkembang menjadi lebih beragam seperti semur dan jengkol. Demi menjaga kualitas, Ayam Goreng Buni masih memusatkan penjualan pada outlet di Mangga Besar, dan berhasil menjadi kuliner ayam goreng legendaris yang terkenal di Jakarta.

“Sejak bergabung dengan ShopeeFood di awal 2021, kami merasakan dampak positif dalam pertumbuhan bisnis dari Ayam Goreng Buni,” kata Endri yang sekarang menjadi Pemilik Ayam Goreng Buni.

Menurutnya, fitur promosi dari ShopeeFood sangat mudah digunakan dan berdampak baik pada penjualan.

“Kami mendapatkan semakin banyak pesanan semenjak aktif menggunakan fitur diskon dan voucher di ShopeeFood,” ujarnya.

Tak hanya fokus pada pertumbuhan internal, Ayam Goreng Buni juga turut memberdayakan masyarakat sekitar untuk mendukung operasional sehari-hari.

Kolaborasi ini menjadi bukti nyata bagaimana pelaku UMKM dapat berkembang secara digital sekaligus mempertahankan nilai-nilai lokal yang autentik.

Nasi Goreng Kebuli Apjay: Kiat Sukses Menghadapi Tantangan Zaman

Senada dengan Ayam Goreng Buni, Nasi Goreng Kebuli Kambing Apjay juga konsisten beradaptasi dengan perkembangan zaman melalui digitalisasi usaha lewat ShopeeFood sejak tahun 2021.

Pertama hadir pada 2009, Nasi Goreng Kebuli Apjay tumbuh dari resep keluarga yang dipelopori oleh Pak Irpan dan kini diteruskan oleh generasi kedua, yakni Saddam Khusyain sebagai penerus.

Berlokasi di area Apotik Jaya, Panglima Polim, Jakarta Selatan, kedai ini telah menjadi destinasi kuliner favorit di kalangan anak muda Jakarta Selatan. Semula dikenal dengan menu bakmi Jogja, Apjay kini menjadikan nasi goreng kebuli sebagai andalan berkat respons pasar yang luar biasa.

Cita rasa khas Nasi Goreng Kebuli Kambing Apjay terletak pada bumbu kebuli yang dimasak menggunakan tungku dan arang, bukan kompor, menghasilkan aroma dan rasa daging kambing yang lebih bersih tanpa bau prengus.

“Sekarang, Nasi Kebuli Kambing Apjay telah memiliki lima cabang di Jakarta, bisnis kami berhasil tumbuh pesat setelah bergabung dengan ShopeeFood. Alhamdulillah, usaha kami mengalami peningkatan omzet dan bisa membuka lebih banyak lapangan kerja,” tutur Saddam.

Fitur seperti Flash Sale dinilai efektif menarik pelanggan, dan ia berharap ShopeeFood terus menghadirkan promo serta inovasi layanan demi mendukung pertumbuhan UMKM kuliner yang adaptif dan berkelanjutan.

Pangsit Goreng Lek Gino: Dari Pelengkap Menu Jadi Jajanan Viral

ShopeeFood juga mengunjungi Pangsit Goreng Lek Gino, yang berkembang dari upaya diversifikasi produk.

Berawal dari berjualan sepulang kerja restoran dan mengelola katering, Lek Gino mulai menjual pangsit goreng sekitar 2009-yang kini telah viral dan dikenal luas, terutama sejak masa awal pandemi.

“Awalnya saya hanya menjual mie ayam dengan pangsit sebagai pelengkap, justru antusiasme pelanggan terhadap pangsit goreng bikin saya pengen jadiin pangsit goreng menu utama dan membangun bisnis mandiri,” Kata Sugino.

“Setelah saya mengembangkan usaha pangsit, ternyata pengunjung yang berdatangan semakin beragam dan laris, termasuk lewat online di ShopeeFood,” ujar Sugino.

Berlokasi di Cengkareng Timur, Jakarta Barat, Pangsit Goreng Lek Gino dikenal dengan kualitas kulit pangsit buatan sendiri yang membedakannya dari produk serupa yang ada di pasaran.
Sejak bergabung dengan ShopeeFood, ia aktif menggunakan berbagai promo untuk menjangkau pelanggan baru.

“Kunci sukses kuliner adalah mengikuti selera pasar tanpa mengorbankan keaslian rasa,” ujarnya.

Sejak hadir pada 2021, ShopeeFood konsisten mendukung pertumbuhan UMKM kuliner di Indonesia melalui berbagai kemudahan, promo, dan inovasi berbasis teknologi.

Sebagai mitra yang andal bagi pelaku usaha lokal, ShopeeFood akan terus menghadirkan fitur dan solusi terbaik guna mendorong perkembangan bisnis kuliner secara berkelanjutan.

Komitmen ini sejalan dengan misi #ShopeeAdaUntukSemua dalam menjangkau dan memberdayakan lebih banyak pihak yang belum terlayani secara optimal.



(inh)


Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20250528135454-625-1234135/nikmati-jajanan-di-jakarta-lewat-kuliner-pilihan-lokal-shopeefood

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *