Nasional

Ratusan Gen Matic Yogyakarta Dilatih Menjadi Content Creator

Koranriau.co.id-

Ratusan Gen Matic Yogyakarta Dilatih Menjadi Content Creator
Tokopedia, TikTok Shop, dan Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif RI meluncurkan Creators Lab x Gen Matic.(MI/Ardi Teristi)

TOKOPEDIA, TikTok Shop, dan Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif RI meluncurkan Creators Lab x Gen Matic di Yogyakarta, Kamis (22/5).

Ini merupakan program untuk melatih ratusan Generasi Muda Melek Teknologi (Gen Matic) menjadi kreator profesional dan tepercaya yang bisa mendukung #BelanjaAman di TikTok Shop sehingga memperkuat ekosistem content creator di Tanah Air.

Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Vonny Ernita Susamto,  mengatakan mereka dilatih keahlian membuat konten lewat Creators Lab. Kesamaan semangat untuk mencetak generasi muda yang berdaya di era digital membuat kolaborasi ini lahir, yaitu mengintegrasikan Creators Lab dengan Gen Matic besutan Kemenekraf RI.

“Melalui Creators Lab, kami melatih peserta Gen Matic memahami prinsip afiliasi dan personal branding, cara membuat konten video, hingga mendukung #BelanjaAman di TikTok Shop,” terang dia di Hotel Alana Malioboro, Yogyakarta, Kamis (22/5).

Generasi muda, lanjut dia, diharapkan menjadi motor penggerak utama ekonomi kreatif karena cenderung berani, inovatif, dan adaptif terhadap teknologi. Sebagai perusahaan teknologi global, Tokopedia dan TikTok Shop memupuk jiwa kewirausahaan generasi muda Indonesia terutama yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi, seperti content creator, lewat program kolaborasi Creators Lab x Gen Matic.

Di sisi lain, Kemenekraf melalui subsektor konten digital berupaya meningkatkan keterampilan tenaga kerja muda dalam industri ekonomi kreatif. Program ini dirancang sesuai dengan Asta Cita Ketiga Presiden Prabowo Subianto yaitu mengembangkan industri kreatif dan Asta Cita Kedua yaitu mendorong kemandirian bangsa melalui ekonomi digital sebagai prioritas utama. Harapannya, program ini akan berdampak langsung terhadap peningkatan nilai tambah dan penciptaan lapangan kerja berkualitas.

Melalui Creators Lab, Tokopedia dan TikTok Shop membekali peserta Gen Matic cara merekomendasikan produk atau penjual tepercaya untuk mendukung #BelanjaAman di TikTok Shop. Misalnya, platform ini merekomendasikan produk dari penjual berstatus ‘Power Shop’ atau ‘Mall’, mempelajari ulasan dari pembeli untuk memastikan kualitas produk yang akan direkomendasikan karena rekomendasi yang tepat akan menentukan kredibilitas kreator, atau mengecek izin yang relevan terutama untuk produk seperti obat atau makanan. (E-2)

Tokopedia dan TikTok Shop juga akan memantau perkembangan peserta ‘Creators Lab x Gen Matic’ selama tiga bulan. Keduanya juga membantu peserta berkolaborasi dengan penjual di Beli Lokal (etalase khusus produk lokal di Tokopedia dan TikTok Shop).

Sinergi ini akan menguntungkan semua pihak; peserta sebagai kreator dapat memperoleh penghasilan dari komisi, penjual yang produknya direkomendasikan pun berpotensi makin laris, dan pembeli bisa mendapatkan rekomendasi produk atau penjual terpercaya khususnya UMKM lokal.

Direktur Konten Digital Kemenekraf, Yuana Rochma Astuti berharap di era digital ini, kolaborasi antara Creators Lab dari Tokopedia dan TikTok Shop dengan Gen Matic dapat menciptakan lapangan kerja baru berkualitas bagi generasi muda. Hal itu akan mendorong ekonomi kreatif sebagai mesin baru pertumbuhan ekonomi nasional yang dimulai dari daerah.

“Kontribusi e-commerce terhadap ekonomi kreatif diharapkan lebih inklusif, berdaya saing, dan berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional,” terang dia.

Selain itu, kreator pengembang kekayaan intelektual yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi kebanggaan nasional yang unggul dan memiliki daya saing di tingkat global. Program ini akan berlanjut ke berbagai wilayah lain di Indonesia serta menargetkan 1.000 peserta.

Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://mediaindonesia.com/nusantara/775236/ratusan-gen-matic-yogyakarta-dilatih-menjadi-content-creator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *