Koranriau.co.id-

THREADS, platform media sosial pesaing X yang dikembangkan Meta, kini menempatkan podcaster sebagai fokus utama. Langkah ini bertujuan memperkuat interaksi antara kreator dan audiens, sekaligus mempermudah diskusi seputar podcast di platform tersebut.
Untuk mendukung hal ini, Threads menghadirkan beberapa fitur baru. Tautan podcast di linimasa kini memiliki tampilan lebih mencolok, dengan latar berwarna dan gambar mini (thumbnail), sehingga mudah dikenali oleh pengguna.
Kreator juga memperoleh ruang khusus di profil mereka untuk menambahkan tautan ke podcast. Fitur ini dirancang agar dapat menonjolkan dan membantu mempromosikan acara mereka secara lebih efektif.
Juru bicara Meta menyatakan bahwa dalam setahun ke depan, fitur-fitur ini akan dikembangkan lebih lanjut dengan tambahan fungsi yang tetap berfokus pada kebutuhan podcaster dan pendengarnya. Strategi ini menunjukkan perusahaan melihat potensi besar komunitas podcast sebagai sarana interaksi yang lebih luas.
Saat ini, percakapan tentang podcast tersebar di berbagai platform, termasuk Reddit, X, Facebook, Instagram, serta platform streaming seperti YouTube dan Spotify.
Meta menekankan podcast memiliki hubungan erat dengan budaya populer yang bisa memicu diskusi dan interaksi antar pengguna. Threads memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif bulanan dan 150 juta pengguna aktif harian, masih lebih sedikit dibanding X, yang memiliki sekitar 600 juta pengguna aktif bulanan. Dengan menarik komunitas podcast, meski sebagian kecil saja, Threads berpeluang memperkecil kesenjangan tersebut.
Analisis Podcast
Meski menargetkan diskusi podcast, Threads menegaskan platform ini bukan ditujukan untuk distribusi podcast. Fokusnya adalah memberikan wawasan dan analisis bagi pembuat podcast tentang bagaimana percakapan seputar acara mereka diterima penggemar.
Threads juga berencana menghadirkan fitur yang mempermudah pengguna menemukan podcast sesuai minat dan mendorong interaksi antara podcaster dan pendengar. Langkah ini bukan kali pertama Threads menargetkan kreator untuk membedakan platformnya dari X, Bluesky, dan jejaring sosial lain.
Pada Mei lalu, kreator Threads dapat menambahkan hingga lima tautan di profil mereka untuk mempromosikan kehadirannya di berbagai platform, termasuk situs web, media sosial lain, video, blog, dan portofolio. Fitur lampiran teks terbaru juga memungkinkan kreator untuk membagikan pemikiran lebih panjang dan memperluas cara mereka berinteraksi dengan audiens.
Meta menyatakan bahwa dalam beberapa bulan ke depan, pengguna dapat menantikan lebih banyak fitur yang berfokus pada diskusi podcast untuk memperkuat hubungan antara podcaster dan audiens di Threads. (TechCrunch/Z-2)
Artikel ini merupakan Rangkuman Ulang Dari Berita : https://mediaindonesia.com/teknologi/829598/threads-fokus-ke-podcaster-hadirkan-fitur-baru-untuk-promosi-dan-interaksi




